Advertise

Jumat, 07 Desember 2012

Populasi dan Sampel

0 komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakng
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas;objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang,tetapi juga objekdan benda –benda alam yang lain. Dan sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimilki oleh populasi tersebut. Dalam penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi,tetapi oleh Spradley dinamakan “social situation” atau situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen yaitu:tempat (place),pelaku (actors),dan aktivitas (activity) yang berinteraksi secara sinergis.tetapi sebenarnya obyek penelitian kualitatif, bukan semata-mata pada situasi sosial yang terdiri atas tiga elemen tersebut,tetapi juga bisa berupa peristiwa alam,tumbuh-tumbuhan,binatang,kendaraan dan sejenisnya.

1.2  Rumusan masalah
Masalah yang penulis angkat dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
  1. Pengertian populasi dan sampel dalam penelitian pendidikan adalah?
  2. Teknik sampling dan macam-macam teknik sampling adalah?
  3. Cara menentukan ukuran sampel adalah?
  4. Contoh menentukan ukuran sampel adalah?
  5. Cara mengambil anggota sampel adalah?

1.3  Tujuan penelitian
Tujuan penelitian dapat di lakukan dengan cara:
  1. Memaparkan pengertian populasi dan sampel dalam penelitian pendidikan
  2. Memaparkan teknik sampling dan macam-macam teknik sampling
  3. Memaparkan dalam menentukan ukuran sampel
  4. Memaparkan contoh ukuran sampel
  5. Memaparkan bagaimana cara mengambil anggota
BAB II
KAJIAN TEORI

2.1 Pengertian populasi dan sampel
2.1.1 Populasi
Menurut Prof.Dr. Sugiyono (2009) Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas; objek/subyek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain.

2.1.2 Sampel
Menurut Prof.Dr. Sugiyono (2009) Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi tersebut.Bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin mempelajari semau yang ada pada populasi,misalnya karena keterbatasan dana,tenaga dan waktu,maka penelitian dapat mengunakan sampel yang dari populasi itu,

2.2 Teknik Sampling
Menurut Prof.Dr. Sugiyono (2009) Teknik sampling adalah merupakan teknik pengambilan sampel. Untuk menentukan sampel yang digunakan dalam penelitian,terdapat berbagai teknik sampling yang digunakan.

2.2.1 Probability sampling
Menurut Prof.Dr. Sugiyono (2009) Probability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampling. Teknik ini meliputi:
1.      Simple Random sampling
Dikatakan simple (sederhana )karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan sirata yang ada dalam populasi itu.

2.      Proportionate stratified random sampling
Teknik ini digunakan bila populasi mempunyai anggota /unsur yang tidak homogen dan strata secara profesioanal,suatu organisasi yang mempunyai pegawai dari latar belakang pendidikan yang strata ,maka populasi pegawai itu berstrata
3.      Disproportionate stratified random sampling
Teknik inui digunakan untuk menentukan jumlah sampel, bila populasi berstrata tetapi kurang profesional
4.      Cluster sampling (Area sampling)
Teknik sampling daerah digunakan untuk menentukan sampel bila obyek yang akan diteliti atau sumber data yang luas.

2.2.2 Nonprobability Sampling
Nonprobabity sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang/kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Teknik sampelini meliputi:
1.      Sampling sistematis
2.      Sampilng Kuota
3.      Sampling insidental
4.      Sampling Purposive
5.      Sampling jenuh
6.      Snowball sampling

2.3 Menentukan Ukuran sampel
Jumlah anggota sampel sering dinyatakan dengan ukuran sampel.Jumlah sampel yang diharapkan 100% mewakili populasi adalah sama dengan  jumlah anggota populasi itu sendiri.Dalam Nomogram Herry King tersebut, jumlah populasi maksimum 2000, dengan taraf kesalahan yang bervariasi,mulai 0,3% sampai dengan 15% dan faktor pengali yang disesuaikan dengan taraf kesalahan yang ditentukan.Dalam nomogram terlihat untuk confident interval (interval kepercayaan) 80% faktor penggalinya = 0,780,untuk 85% faktor penggalinya = 0,785; untuk 99% faktor penggalinya =1,195 dan untuk 99% faktor penggalinya = 1,573?

2.4 Contoh menentukan ukuran sampel
Roscoe dalam buku Reseaech Methods for Buiness (1982-253) memberikan saran-saran tentang ukuran sampel untuk penelitian seperti berikut ini:
1.      Ukuran sampel yang layak dalam penelitian adalah antara lain sampai dengan 500.
2.      Bila sampel di bagi dalam kategori ( misalnya : pria-wanita, pegawai negeri-swasta dan lain-lain) maka jumlah sampel setiap kategori minimal 30.
3.      Bila dalam penelitian akan melakukan analisis dengan multivariate ( kolerasi atau regresi ganda misalnya), maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali jumlah variabelyang di teliti. Misalnya variabel penelitiannya ada (independen + dependen), maka jumlah anggota sampel = 10 x 5 = 50.
Untuk penelitian eksperimen yang sederhana, yang menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, maka jumlah anggota sampel masing-masing antara 10 s/d 20.

2.5 Cara Mengambil Anggota Sampel.
Di bagian depan bab ini telah di kemukakan terdapat dua teknik sampeling, yaitu probability sampling dan  nonprobability sampling. Probability sampling adalah teknik sampling yang memberi peluang sama kepada anggota populasi untuk di pilih menjadi anggota sampel. Cara demikian sering di sebut dengan random sampling, atau cara pengambilan sampel secara acak.
Pengambilan sampel secara acak dapat di lakukan dengan bilangan random, komputer, maupun dengan undian. Bila pengambilan di lakukan dengan undian, maka setiap anggota populasi di beri nomor terlebih dahulu, sesuai dengan jumlah anggota populasi.


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Jadi populasi bukan hanya orang, tetapi juga obyek dan benda-benda alam yang lain.populasi juga bukan sekedar jumlah yang ada pada obyek atau subyek yang dipelajari tetapi meliputi seluruh karakteristik atau sifat yang dimilki oleh subyek atau obyek itu.Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi.

3.2 Saran
            Dengan adanya makalah ini pembaca diharapkan dapat mengetahui apa yang dimaksud dengan populasi,sampel, dan bagaimana cara mengambil anggota sampel serta  dapat meningkatan pengalaman di dalam sebuah penelitian.















DAFTAR PUSTAKA

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2004.
Sugiyono, Pengertian populasi, Alfabeta, Bandung, 2009.
Sugiyono, Pengertian sample, Alfabeta, Bandung, 2009.
Sugiyono, Pengertian Teknik sampling, Alfabeta, Bandung, 2009.
Sugiyono, Pengertian Pro sampling, Alfabeta, Babdung, 2009.


Leave a Reply

 
Bahasa dan Sastra Indonesia © 2014 | Designed By Blogger Templates