Advertise

Kamis, 27 Desember 2012
0 komentar


  1. Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
Surat merupakan salah satu alat komunikasi yang masih banyak digunakan. Ada dua macam jenis surat, yaitu surat kedinasan dan surat pribadi. Surat kedinasan adalah surat yang ditulis berkaitan dengan kepentingan kedinasan, kelembagaan. Pada umumnya, surat kedinasan bersifat resmi dan dibubuhi stempel. Adapun surat pribadi adalah salah satu bentuk surat-menyurat yang ditulis seorang sebagai pribadi dan tidak berkaitan dengan kedinasan. Pada umumnya, surat pribadi bersifat tidak resmi dan berisi masalah-masalah pribadi.
Meskipun bersifat tidak resmi, ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat surat pribadi, antara lain etika dan sopan-santun berkirim surat. Bahasa yang digunakan dalam surat pribadi tergantung dari orang yang menerima surat. Misalnya, menulis surat kepada guru berbeda bahasanya dengan menulis surat kepada sahabatmu. Apabila kamu menulis surat kepada guru, sebaiknya menggunakan bahasa baku atau formal. Lain halnya jika kamu menulis surat kepada sahabatmu, tidak harus menggunakan bahasa baku tetapi dapat memakai bahasa santai atau bahasa yang biasa kamu pakai dalam pergaulan sehari-hari. Seperti surat-surat yang lain, surat pribadi juga mempunyai format atau pola tertentu.
'
1. Format surat pribadi
Dari contoh tersebut, terlihat pola penulisan surat pribadi. Pola atau format
tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Kota dan tanggal surat.
  2. Nama dan alamat penerimaan surat (sering kali tidak ditulis karena biasanya sudah dicantumkan pada amplop surat).
  3. Salam pembuka.
  4. Paragraf pembuka.
  5. Isi surat.
  6. Paragraf penutup.
  7. Salam penutup.
  8. Nama dan tanda tangan pengirim surat.
2. Isi surat pribadi
Apabila kamu menulis surat pasti mempunyai maksud atau tujuan. Maksud atau tujuan tersebut, biasanya tercantum dalam isi surat. Isi surat pribadi dapat bermacam- macam hal atau keperluan, yaitu sebagai berikut.










Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang kepada orang lain atau sebuah
kantor (instansi). Surat pribadi ada dua macam, yaitu surat pribadi yang bersifat perorangan dan
surat pribadi yang bersifat resmi.
Surat pribadi yang bersifat perorangan adalah surat yang ditulis oleh seseorang yang
ditujukan kepada teman, saudara, atau orang tua.
Surat pribadi yang bersifat resmi adalah surat yang ditulis seseorang yang ditujukan kepada suatu organisasi atau kantor.
Penulisan surat pribadi yang bersifat perorangan berbeda dengan surat pribadi yang bersifat resmi, terutama dalam pemakaian bahasa. Bahasa dalam surat pribadi yang bersifat resmi lebih bersifat kaku daripada bahasa yang digunakan dalam surat pribadi yang bersifat perorangan.
Berikut ini sistematika penulisan surat pribadi.
1. Pembuka, terdiri atas:
a. tempat dan tanggal pengiriman surat,
b. alamat surat, dan
c. salam pembuka.
2. Isi, yaitu berisi maksud penulis mengirim surat.
3. Penutup, terdiri atas:
a. salam penutup,
b. tanda tangan, dan
c. nama terang

Surabaya, 30 Maret 2009
Untuk sahabatku Kirana
di Kupang

Salam kangen,
Halo Kiran, apa kabar ? baik-baik saja kan ? semoga keadaanmu saat inni tetap sehat dan dapat melakukan aktivitas biasanya.
Kiran aku saat ini sedang berada di rumah sakit. Aku sakit demam berdarah. Tapi keadaanku sekarang sudah membaik kok. Jadi tidak usah kawatir. Tahu tidak ? sakit itu ternyata tidak enak. Aku harus bobok terus, tidak bisa kemana-mana setiap hari disuntik dan harus minum obat.
Sekian dulu surat dariku. Kutunggu balasanmu. Salam untuk bapak dan ibumu.

Dariku,
 


Agus
Read more...
Senin, 17 Desember 2012

Program Tahunan

0 komentar


PROGRAM TAHUNAN

Satuan Pendidikan        :  Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran              : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           : VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran             : 2011 / 2012

A.    Jumlah Minggu / Pekan
Semester
Bulan
Jumlah Pekan Efektif
Jumlah Pekan Tidak Efektif
Ket.
I
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
2
3
4
4
4
2
1
1
1
-
-
3
MOP
LMI
LIF
-
-
UUB, PR, LS 1


19
6

II
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
4
4
5
3
5
-
-
-
-
1
-
4
-
-
-
UNP
-
UUB, PR, LS 2


21
5


Keterangan:
1.      MOP     :    Masa Orientasi Peserta Didik
2.      LMI       :    Libur Menyambut Idul Fitri
3.      LIF        :    Libur Idul Fitri
4.      UNP      :    Ujian Nasional SMP
5.      UUB     :    Ulangan Umum Bersama
6.      PR         :    Pembagian Raport
7.      LS 1      :    Libur Semester 1
8.      LS 2      :    Libur Semester 2


B.     Jumlah Jam Efektif Semester  1
19 x 5 jam = 95 jam
Distribusi Waktu / Jam
NO.
Uraian
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Jumlah Jam Efektif                                                                     95
Ulangan Harian                                                    3 x 2 = 6
Remedial                                                              3 x 2 = 6
Ujian tengah Semester                                                      2
Cadangan                                                                          5
Jam Tatap Muka                                                             76

                                                                                                    95


C.    Jumlah Jam Efektif Semester  2
21 x 5 jam = 105 jam
Distribusi Waktu / Jam
NO.
Uraian
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Jumlah Jam Efektif                                                                105
Ulangan Harian                                                3 x 2 = 6
Remedial                                                          3 x 2 = 6
Ujian tengah Semester                                                  2
Cadangan                                                                      5
Jam Tatap Muka                                                         86

                                                                                               105












Pemetaan Kompetensi Dasar
Semester
Kompetensi Dasar
Waktu
I
1.1  Menyimpulkan isi berita, yang dibacakan dalam beberapa kalimat
1.2  Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan penggumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat tegas dan sederhana
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat, tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata permenit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacaradengan intonasi yang tepat
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bilangan yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif baik dan benar
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik secara, lafal, intonasi, gusture, mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar

3
4

5

4

3


4
4

4


4
4

5

4
6

6
4
4
4
4

Jumlah jam tatap muka
76










PROGRAM SEMESTER

Satuan Pendidikan        :  Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata Pelajaran              :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester           :  VII / I
Tahun Pelajaran     :      2011 / 2012
NO
Kompetensi Dasar
Jumlah Jam
Bulan
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
5
1.
1.1  Menyimpulkan isi berita, yang dibacakan dalam beberapa kalimat

3

3























1.2  Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa kalimat

4

2
2






















2.
2.1  Menceritakan Pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif

5


3
2





















2.2  Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat tegas dan sederhana

4



3
1





















Ulangan Harian 1
2




2




















Remedi 1
2




2




















3.
3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat, tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai

3





3



















3.2  Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata permenit

4





2


2
















3.3  Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat

4








3
1
















Ulangan Harian 2
2









2















Remedi 2
2









2















4.
4.1  Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan dan bilangan yang baik dan benar

4










4














4.2  Menulis surat pribadi dengan memperhatikan komposisi dan bahasa

4










1
3













4.3  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif baik dan benar

4











2
2













Ujian Tengah Semester (UTS)
2












2












5.
5.1  Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan

5












1
4











5.2  Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang

4













1
3










6.
6.1  Bercerita dengan urutan yang baik secara lafal, intonasi, gusture, mimik yang tepat

6














2
4









6.2  Bercerita dengan alat peraga

6















1
5









Ulangan Harian 3
2

















2







Remedi 3
2

















2







7.
7.1  Benceritakan kembali cerita anak yang dibaca

4

















1
3






7.2  Mengomentari buku cerita yang dibaca

4


















2
2





8.
8.1  Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun

4



















3
1




8.2  Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau di dengar.

4




















4





Cadangan






















5




Jumlah jam efektif
95

























                                                       
Read more...
 
Bahasa dan Sastra Indonesia © 2014 | Designed By Blogger Templates