PROGRAM
TAHUNAN
Satuan Pendidikan : Sekolah
Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : VII / 1 dan 2
Tahun pelajaran : 2011 / 2012
A. Jumlah Minggu / Pekan
Semester
|
Bulan
|
Jumlah Pekan
Efektif
|
Jumlah Pekan
Tidak Efektif
|
Ket.
|
I
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
|
2
3
4
4
4
2
|
1
1
1
-
-
3
|
MOP
LMI
LIF
-
-
UUB, PR, LS 1
|
19
|
6
|
|||
II
|
Januari
Februari
Maret
April
Mei
Juni
|
4
4
5
3
5
-
|
-
-
-
1
-
4
|
-
-
-
UNP
-
UUB, PR, LS 2
|
21
|
5
|
Keterangan:
1. MOP : Masa
Orientasi Peserta Didik
2. LMI : Libur
Menyambut Idul Fitri
3. LIF : Libur
Idul Fitri
4. UNP : Ujian
Nasional SMP
5. UUB : Ulangan
Umum Bersama
6. PR : Pembagian
Raport
7. LS
1 : Libur
Semester 1
8. LS
2 : Libur
Semester 2
B.
Jumlah
Jam Efektif Semester 1
19
x 5 jam = 95 jam
Distribusi
Waktu / Jam
NO.
|
Uraian
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Jumlah Jam Efektif
95
Ulangan Harian 3 x 2 = 6
Remedial 3 x 2 = 6
Ujian tengah Semester 2
Cadangan 5
Jam Tatap Muka 76
|
95
|
C.
Jumlah
Jam Efektif Semester 2
21
x 5 jam = 105 jam
Distribusi
Waktu / Jam
NO.
|
Uraian
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Jumlah Jam
Efektif
105
Ulangan Harian 3 x 2 = 6
Remedial 3 x 2 = 6
Ujian tengah Semester 2
Cadangan 5
Jam Tatap Muka 86
|
105
|
Pemetaan Kompetensi Dasar
Semester
|
Kompetensi
Dasar
|
Waktu
|
I
|
1.1
Menyimpulkan isi berita, yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
1.2
Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam
beberapa kalimat
2.1
Menceritakan pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan
kata dan kalimat efektif
2.2
Menyampaikan penggumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat
tegas dan sederhana
3.1 Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat, tepat sesuai dengan konteks
yang diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200 kata permenit
3.3 Membacakan
berbagai teks perangkat upacaradengan intonasi yang tepat
4.1 Menulis
buku harian atau pengalaman pribadi dengan memperhatikan cara pengungkapan
dan bilangan yang baik dan benar
4.2 Menulis
surat pribadi dengan memperhatikan komposisi dan bahasa
4.3 Menulis
teks pengumuman dengan bahasa yang efektif baik dan benar
5.1 Menemukan
hal-hal yang menarik dari dongeng yang diperdengarkan
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi sekarang
6.1 Bercerita
dengan urutan yang baik secara, lafal, intonasi, gusture, mimik yang tepat
6.2 Bercerita
dengan alat peraga
7.1
Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2
Mengomentari buku cerita yang dibaca
8.1 Menulis
pantun yang sesuai dengan syarat pantun
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
|
3
4
5
4
3
4
4
4
4
4
5
4
6
6
4
4
4
4
|
Jumlah jam
tatap muka
|
76
|
PROGRAM SEMESTER
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas
/ Semester : VII / I
Tahun
Pelajaran : 2011 / 2012
NO
|
Kompetensi
Dasar
|
Jumlah Jam
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
1.1
Menyimpulkan isi berita, yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
|
3
|
3
|
||||||||||||||||||||||||
1.2
Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam
beberapa kalimat
|
4
|
2
|
2
|
||||||||||||||||||||||||
2.
|
2.1
Menceritakan Pengalaman yang paling mengesankan
dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
|
5
|
3
|
2
|
|||||||||||||||||||||||
2.2
Menyampaikan pengumuman dengan intonasi yang tepat
serta menggunakan kalimat tegas dan sederhana
|
4
|
3
|
1
|
||||||||||||||||||||||||
Ulangan
Harian 1
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
Remedi
1
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
3.
|
3.1
Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara
cepat, tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan melalui kegiatan membaca
memindai
|
3
|
3
|
||||||||||||||||||||||||
3.2
Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca cepat 200
kata permenit
|
4
|
2
|
2
|
||||||||||||||||||||||||
3.3
Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan
intonasi yang tepat
|
4
|
3
|
1
|
||||||||||||||||||||||||
Ulangan
Harian 2
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
Remedi
2
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
4.
|
4.1
Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bilangan yang baik dan benar
|
4
|
4
|
||||||||||||||||||||||||
4.2
Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi dan bahasa
|
4
|
1
|
3
|
||||||||||||||||||||||||
4.3
Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif
baik dan benar
|
4
|
2
|
2
|
||||||||||||||||||||||||
Ujian
Tengah Semester (UTS)
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
5.
|
5.1
Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng yang
diperdengarkan
|
5
|
1
|
4
|
|||||||||||||||||||||||
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan situasi
sekarang
|
4
|
1
|
3
|
||||||||||||||||||||||||
6.
|
6.1
Bercerita dengan urutan yang baik secara lafal,
intonasi, gusture, mimik yang tepat
|
6
|
2
|
4
|
|||||||||||||||||||||||
6.2
Bercerita dengan alat peraga
|
6
|
1
|
5
|
||||||||||||||||||||||||
Ulangan
Harian 3
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
Remedi
3
|
2
|
2
|
|||||||||||||||||||||||||
7.
|
7.1
Benceritakan kembali cerita anak yang dibaca
|
4
|
1
|
3
|
|||||||||||||||||||||||
7.2
Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
4
|
2
|
2
|
||||||||||||||||||||||||
8.
|
8.1
Menulis pantun yang sesuai dengan syarat pantun
|
4
|
3
|
1
|
|||||||||||||||||||||||
8.2
Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang
pernah dibaca atau di dengar.
|
4
|
4
|
|||||||||||||||||||||||||
Cadangan
|
5
|
||||||||||||||||||||||||||
Jumlah jam
efektif
|
95
|